6 Tips Sebelum Membeli Laptop - MORENA PULSA

6 Tips Sebelum Membeli Laptop

6 Tips Sebelum Membeli Laptop - Saat ini, laptop atau komputer jinjing adalah hal yang sangat familiar di masyarakat. Laptop sudah menjadi kebutuhan pokok untuk hampir semua kalangan. Seiring dengan kemajuan bidang teknologi informasi, laptop menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

6 Tips Sebelum Membeli Laptop

Nah, buat anda yang ingin membeli laptop ada baiknya memperhatikan 6 tips berikut ini sebelum terlanjur membeli laptop :

Pertimbangkan Kebutuhan Anda, Laptop atau Komputer Desktop?

Belilah laptop hanya jika anda benar-benar membutuhkannya. Tanda-tanda anda membutuhkan laptop adalah banyaknya pekerjaan yang harus anda selesaikan bukan di rumah atau bukan di kantor. Anda sering bepergian (mobile) dan dikejar deadline pekerjaan atau tugas kampus.

Namun, jika anda hanya suka dan sudah terbiasa bekerja di kantor atau di rumah, ada baiknya anda cukup membeli komputer desktop bukan laptop. Komputer desktop dengan spesifikasi yang lebih baik pasti lebih murah dibanding laptop. Umur komputer desktop juga biasanya lebih lama. Selain itu, bagi anda pengguna komputer untuk desain atau penggemar game, komputer desktop adalah pilihan yang tepat karena lebih leluasa untuk mengupgrade spesifikasi komputer.

Persiapkan Dana Pembelian Laptop Anda

Harga laptop saat ini sangat bervariasi tergantung dari spesifikasi yang ada di laptop itu. Pilihan laptop yang anda beli tentunya adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget uang yang akan anda habiskan.

Jika anda hanya ingin laptop sekedar mengetik, browsing, memutar musik, dan nonton film maka netbook atau laptop yang ber budget rendah itu sudah cukup. Lain halnya, kalo anda membutuhkan laptop untuk mendesain dan bermain game maka spek laptop harus tinggi yang tentunya lebih tinggi pula budget yang perlu anda siapkan.

Pikirkan Sistem Operasi Apa yang Akan Anda Gunakan

Banyak laptop dijual sudah dengan sistem operasinya.Hanya saja kita harus jeli memilih laptop.
Sewaktu membeli, tanyakan kepada penjual laptop anda, apakah sistem operasi (biasanya windows) yang ada di dalam laptop yang anda akan beli adalah asli (bawaan) atau hanya bajakan.

Sistem operasi di dalam laptop ini sebaiknya tidak bajakan, tapi asli. Bila tidak mampu membeli windows asli, bisa mencoba sistem operasi linux. Tapi jika anda punya budget lebih dan pengen lebih stylist, belilan Mac Book produk apple dengan sistem operasinya sendiri.

Sesuaikan Ukuran Laptop Yang Anda Butuhkan

Ukuran laptop sebaiknya tidak jauh-jauh dari bentuk tubuh anda. Bila anda cukup kuat dan berbadan tegap, laptop yang anda beli sebaiknya yang sedikit besar dengan berat yang cukup menantang. Sebaliknya, bila anda memiliki postur tubuh yang mini, sebaiknya pertimbangkan membeli laptop yang agak kecil. Secara umum, laptop berdasarkan ukuran ada beberapa jenis :

  • Netbook adalah kelompok laptop yang ukurannya kecil. Biasanya tidak dilengkapi dengan CD/DVD room. Anda harus menyediakan lagi CD/DVD room eksternal bila ingin menggunakan CD/DVD. Ukuran screen (monitor) muali 7"-13". Spesifikasi dari netbook tergolong standar untuk keperluan mengetik, browsing, memutar DVD dan kemampuan komputer lainnya.
  • Laptop, ukurannya lebih besar dari netbook dengan screen berkisar 13"-15". Biasanya sudah tersedia dengan CD/DVD player. Laptop memiliki spesifikasi yang beragam mulai dari yang paling biasa sampai untuk keperluan desain dan para pecintar game berat. 
  • Komputer portable, adalah komputer PC dengan ukuran CPU yang agak kecil dan ringan. Terdapat pula komputer yang memiliki screen (monitor) yang melekat pada CPU. Komputer portable tidak seperti laptop yang bisa mobile lebih leluasa, komputer ini masih membutuhkan kontak langsung dengan sumber listrik.

Pikirkan Cassing, Warna, dan Bentuk Laptop Yang Anda Sukai

Saat ini sudah tersedia beragam laptop dengan warna dan model yang bervariasi. Jika anda adalah pekerja lapangan yang sering membutuhkan kaptop di medan yang agak berat, maka beli lah laptop dengan casing yang kuat. Warna laptop juga kadang menjadi inspirasi dalam bekerja, jadi pilihlah warna yang sesuai dengan selera anda.

Perhatikan Spesifikasi Laptop

Ini yang paling penting. Hanya beli laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda seorang pelajar atau mahasiswa yang tidak butuh aplikasi design, maka beli lah laptop biasa saja tinggal disesuaikan dengan anggaran yang ada. Sebaliknya, anda yang butuh dengan laptop super cepat dan bekerja design atau pecinta game belilah laptop yang spesifikasinya tinggi.

Laptop dengan spesifikasi tinggi biasanya ditandai dengan posessor yang digunakan adalah yang paling upgrade. Sangat disarankan untuk mereka yang hobi game dan bekerja design untuk memilih prosessor AMD. RAM atau memori untuk spesifikasi design dan game disarankan mencapai kapasitas 8GB dengan VGA di atas 512MB dengan VGA card tersendiri (tidak onboard). Ukuran Hardisk (HDD) juga sangat penting, 250GB sudah lumayan.

Jangan lupa untuk menguji koneksi wi-fi laptop yang akan anda beli. Koneksi wi-fi hampir menjadi kebutuhan pokok bagi setiap komputer dewasa ini, apalagi saat ini perkembangan dunia internet cukup pesat.

0 Response to "6 Tips Sebelum Membeli Laptop"

Post a Comment