Memilih Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis Anda - MORENA PULSA MURAH

Memilih Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis Anda

Memilih Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis Anda : Media sosial menjadi salah satu media online yang banyak digunakan pengguna internet saat ini. Dapat dikatakan, setiap pengguna internet saat ini setidaknya memiliki satu akun di salah satu media sosial yang ada.

Memilih Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis Anda

Memilih Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis Anda

Bila dipandang dari kacamata bisnis, luasnya penggunaan media sosial ini menjadi peluang emas yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan perusahaan, seperti promosi, pemasaran bahkan penjualan produk. Akan tetapi, untuk mampu mendapatkan manfaat maksimal dari media sosial untuk kebutuhan bisnis Anda, Anda harus memilih media sosial yang tepat.

Sama seperti saat akan mempromosikan produk atau layanan Anda menggunakan media promosi lainnya, Anda juga harus tahu target pasar yang Anda bidik melalui media sosial. Caranya pun cukup mirip dengan metode meneliti target pasar yang ada, yaitu dengan melihat demografi pasar Anda, seperti jenis kelamin, usia, bahasa, status pekerjaan, lokasi dan lainnya.

Pada media sosial, terdapat banyak kelompok komunitas yang mewakili beberapa aspek demografi pasar yang Anda bidik. Anda dapat menggunakan hal ini untuk mengetahui media sosial yang mempunyai kelompok yang sesuai dengan konten promosi Anda. Berdasarkan demografi dan jenis pasar yang Anda bidik, terdapat beberapa media sosial yang dapat Anda gunakan, misalnya:

Facebook dan Twitter merupakan media sosial yang mempunyai pengguna atau member paling banyak diantara media sosial lainnya. Facebook digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang sedangkan pengguna Twitter mencapai 500 juta orang. Karena banyaknya pengguna kedua media sosial ini, Anda dapat menggunakan media sosial ini untuk mempromosikan produk utama Anda secara luas.

Selain itu, jangkauan yang luas juga memungkinkan Anda untuk menguji produk Anda di pasar. Dua media sosial ini juga dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen, melakukan survei atau memberikan informasi mengenai acara yang perusahaan Anda adakan, serta memperkuat posisi brand Anda di pasar.

Bila Anda membidik pasar B2B (Business to Business) atau pasar korporat, LinkedIn dapat menjadi piihan tepat untuk Anda. Media sosial ini juga menjadi ajang para pelaku bisnis untuk menampilkan profil mereka guna mencari mitra bisnis. Pada umumnya, pengguna media sosial ini berusia lebih dewasa dari pengguna Facebook maupun Twitter. Anda juga dapat menggunakan media sosial ini untuk mencari profesional yang berpengalaman atau mempunyai kemampuan lebih untuk target pemasaran Anda.

Pinterest dapat dikatakan media sosial yang digunakan untuk promosi secara visual. Bila Anda membidik pasar dengan strategi pemasaran visual, media sosial ini tepat untuk Anda.

Pengguna Tumblr pada umumya berusia antara 13 hingga 25 tahun. Dan, media sosial ini memungkinkan penggunanya untuk berbagai gambar maupun audio. Bila Anda membidik pasar muda, maka media sosial ini dapat menjadi pilihan Anda. Yang menarik, banyak pengguna media sosial dengan rentang umur ini yang lebih memilih menggunakan media sosial ini daripada Facebook atau Twitter. Jadi, untuk saat ini, media sosial paling tepat untuk pemasaran produk dengan target anak muda adalah Tumblr.

Dengan menggunakan aspek demografis, Anda dapat memilih salah satu dari 4 media sosial diatas. Namun, Anda juga harus memperhitungkan aspek biaya yang harus Anda keluarkan. Investasi dibutuhkan untuk melakukan kampanye pemasaran yang lebih efektif, karena hal ini diperlukan mengingat banyaknya perusahaan yang menggunakan media pemasaran yang sama dengan Anda.

0 Response to "Memilih Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis Anda"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.