Jalan Mudah Menjadi Kaya Raya di Usia Muda - MORENA PULSA

Jalan Mudah Menjadi Kaya Raya di Usia Muda

Dua foto ini sengaja didownload dari sumbernya. Bukan untuk tujuan bisnis, melainkan untuk tujuan motivasi. Ini sebagai bukti bahwa sukses di usia muda bukanlah hanya mimpi belaka. Menjadi kaya raya di usia muda bukanlah sekedar khayalan.  Mereka adalah Reza Nurhilman dan Elang Gumilang.

Jalan Mudah Menjadi Kaya Raya di Usia Muda

Sukses di Usia Muda

Pada zaman dahulu kala, untuk menjadi seorang pengusaha kaya perlu waktu lama. Kesuksesan biasanya selalu diraih oleh orang-orang yang sudah berumur. Sudah tua. Tapi, saat ini banyak sekali contoh pemuda sukses yang berhasil menggenggam dunia. Mereka sukses membangun kerajaan bisnis di usia muda. Usia 20an. Usia 30an. Usia relatif muda. 

Apa sih rahasianya? Tidak ada rahasia di sini. Karena mereka bisa meniru kesuksesan orang-orang yang dahulu di waktu sekarang, di waktu muda. Sederhana bukan? Mereka melakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses. Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan orang kaya. Mereka tahu ilmunya dan mereka mau melakukannya.

Apalagi di zaman sekarang. Era digital. Serba internet. Informasi dan pengetahuan bisa didapatkan lebih mudah. Seakan dunia berada dalam genggaman. Ini adalah peluang yang sangat besar yang bisa dimilki oleh anak muda jaman sekarang. Jalan menuju sukses di usia muda semakin mudah. Jalan menuju kaya raya di usia muda menjadi mudah.

Jalan Menuju Kaya Raya di Usia Muda

Ini adalah lanjutan dari tahapan sebelumnya, langkah awal menjadi pengusaha muda kaya. Setelah mempelajari langkah awal tersebut, rasanya kurang pas bila kita tidak melakukan  tips berikut ini untuk mencapai kesuksesan dan kekayaan di usia 20an.

1. Menjaga Hubungan Baik

Hubungan baik bisa mempercepat kesuksesan. Kesuksesan dibangun dengan jaringan. Atau bahasa kerennya networking. Network = Relasi = Hubungan = Silaturahmi. Jangan memutus tali silaturahmi dengan teman sekolah, rekan kerja dan mitra bisnis. Jagalah hubungan tersebut.

Mau tahu berapa penghasilan kita ke depan? Mau tahu caranya? Caranya adalah tulislah 10 orang dari teman terdekat kita. Lalu, tulislah berapa kira-kira penghasilan mereka sebulan. Jumlahkan dan rata-ratakan. Hasilnya itulah penghasilan kita.

Jika rata-rata penghasilan 10 orang teman terdekat kita adalah 3 juta, maka itulah penghasilan kita. Itulah pendapatan kita ke depan. Kalau mau jadi 10 juta per bulan, maka tambahkan teman baru yang penghasilannya lebih dari 10 juta ke dalam daftar teman kita tadi. 

Banyak teman itu mengayakan. Banyak teman sukses itu mengayakan. Memudahkan jalan menuju sukses. Ingat kesuksesan itu menular dan menjalar. Jika mau sukses, bergaullah dengan orang sukses.

2. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Seperti yang telah disebutkan di awal, ada banyak pengusaha kaya raya di usia muda. Ada banyak pengusaha muda yang sukses meraih kekayaan. Tidak perlu melihat jauh-jauh ke luar negeri sana seperti Mark Zuckerberg (facebook), Bill Gates (Microsoft), Larry Pages (Google). Banyak juga anak muda dari dalam negeri yang sudah sukses.

Contohnya, Reza Nurhilman atau yang biasa di panggil axl (eksel). Anak muda yang berasal dari tatar Sunda. Ia adalah founder Keripik Maicih dan Direktur PT. Maicih Inti Sinergi. Pengusaha muda yang sudah sukses menjadi milliarder melalui bisnisnya yang unik dan inovatif. Silahkan browsing sendiri siapa itu Reza Nurhilman. Apa itu keripik Maicih.

Untuk membangun bisnis yang kreatif dan inovatif bisa dilakukan dengan ATM. ATM = Amati, Tiru, Modifikasi. Kisah sukses Reza Nurhilman bisa menjadi inspirasi. Bisa menjadi contoh. Bisa menjadi model yang bisa kita tiru. 

3. Konsumsi ala Kadarnya, Produktifitas Sebesar-besarnya

Buang jauh-jauh sifat konsumtif. Buang jauh-jauh sifat boros. Kalau memang tidak perlu, jangan dibeli. Kalau memang tidak butuh sekali, jangan dibeli. Jangan tergoda oleh iklan. Jangan tergoda oleh Cicilan 0%. Kita harus melakukan skala prioritas kebutuhan. Jangan hanyut dimakan iklan, jangan terbuai oleh diskon 99%.

Jangan menghabiskan penghasilan hanya untuk memenuhi gaya hidup kita. Kalau bisa ngopi 2.000 di rumah, tidak perlulah ngopi di mall yang harganya 30.000. Hanya untuk gengsi? Ingat gengsi tidak membuat kita kaya. Yang membuat kita kaya adalah produktifitas. Kreatif. Inovatif. Itu yang membuat kita kaya. Bekerja keras, membangun bisnis, membangun jaringan.

Orang-orang kaya dulu, walaupun kebunnya luas, sawahnya banyak namun mereka tetap memilih hidup sederhana. Hidup ala kadarnya. Tidak perlu TERLIHAT kaya. 

4. Simpan Untuk Investasi

Daripada uangnya dipakai untuk gaya, mending uangnya disimpan saja untuk investasi. Investasi membuat kita kaya. Investasi bisa dimulai dari hal-hal sederhana.

Mulailah menabung sekarang juga. Walaupun sederhana. Misalnya, setiap mendapatkan uang 1 lembar uang 20.000an, masukkan ke dalam celengan. Sederhana bukan. Bahkan saking sederhananya, ada yang nyinyirin. Menghina. Mengejek. Yang paling penting adalah berani menahan kesenangan sesaat untuk menikmati kesenangan di masa depan. 

Justru langkah sederhana inilah yang membuat kita besar. Targetkan 1 hari dapat 5 lembar uang 20.000an. Masukkan celengan. Lakukan selama 3 tahun. Lakukan secara rutin. Anda tahu berapa jumlah uang di celengan tadi? 5 x Rp. 20.000 x 300 hari x 3 tahun = Rp. 90.000.000. Coba dibaca dengan keras! Sembilan Puluh Juta Rupiah.

Dengan angka tersebut cukuplah untuk membeli rumah, membangun kontrakan, kios, kos-kosan. Investasi yang cukup lumayan. Atau ada yang suka dengan emas, silahkan. Atau deposito, silahkan. 
Yang suka dengan reksadana, silahkan. 

5. Internet adalah Senjata

Teknologi itu seperti pisau. Pisau bisa digunakan untuk mengiris bawang, bisa pula digunakan untuk membunuh. Teknologi internet ini banyak sekali manfaatnya jika tahu cara menggunakannya dengan benar. Tahu cara memanfaatkannya. Kita tahu dan kita pun menyadari betapa besar peran internet dalam kehidupan kita. Pertumbuhannya jauh melebihi dari apa yang dibayangkan sebelumnya.

Banyak celah yang bisa kita gunakan dalam menumbuhkan bisnis yang sedang dijalankan. Kita bisa cepat kaya dengan meraup uang dari internet. Menurut penelitian saat ini hampir 60% penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Itu menjadi lahan bisnis menjanjikan yang bisa kita manfaatkan.

Internet bisa kita manfaatkan dalam membuka jaringan, bisnis online, pemasaran, peluang bisnis, pendanaan, riset pasar, penelitian kompetisi dan masih banyak lagi hal-hal lainya yang bisa kita dapatkan.

Banyak orang yang bekerja keras dalam lingkungan dunia maya tanpa pernah perlu untuk meningkatkan usahanya dalam “dunia nyata”. Jika kita amati lebih lanjut, mereka rela bekerja 10 sampai 12 jam sehari atau bahkan lebih dari itu. Mereka lakukan itu dengan senang hati.

Jika kita bisa melakukan 5 hal di atas dari sekarang, maka perubahan nasib bukanlah hal yang tidak mungkin. Untuk meraih sukses tidak perlu menunggu nanti, tidak perlu menunggu tua. Lakukan sekarang. Tunjukkan eksistensi diri. Jika Axel maicih bisa, jika Elang Gumilang bisa, kita juga bisa dong.

0 Response to "Jalan Mudah Menjadi Kaya Raya di Usia Muda"

Post a Comment