Mengungkap Fitur-Fitur WhatsApp (WA) Yang Tersembunyi - MORENA PULSA

Mengungkap Fitur-Fitur WhatsApp (WA) Yang Tersembunyi

Mengungkap Fitur-Fitur WhatsApp (WA) Yang Tersembunyi - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang populer, bahkan hampir di pastikan di dalam setiap smartphone ada. Namun apakah penggunanya banyak mengetahui berbagai tips dan trik didalamnya agar lebih optimal? Mungkin sudah banyak juga yang mengetahui optimalisasi pada WhartsApp agar penggunanya lebih optimal. Berikut ini akan di beberkan beberapa tambahan yang mungkin masih ada yang belum mengetahuinya, diantaranya adalah:


Mengungkap Fitur-Fitur WhatsApp (WA) Yang Tersembunyi


1. Hindari file gambar tersimpan otomatis di Gallery

Jika teman Anda sering mengirimkan foto atau gambar yang tidak disukai dan Anda tidak ingin gambar tersebut tersimpan di Gallery. Ada hal yang bisa dilakukan agar gambar tersebut tidak langsung tersimpan di kartu memori. Caranya, buka aplikasi File Manager atau File Explorer. Beberapa smartphone sudah menyertakan-nya, atau jika belum bisa mengunduh-lah dari Google Play menggunakan aplikasi ES File Explorer. Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut, jelajah dan masuk ke folder sdcard/Whatsapp/Media. Buka folder yang tidak ingin Anda gunakan untuk menyimpan kiriman gambar atau foto tersebut yang berada di folder WhatsApp Images. Dari dalam folder tersebut, buat folder baru dengan nama nomedia.


2. Kunci WhatsApp

Jika ingin menjaga privasi WhatsApp dengan tidak mengijinkan orang lain untuk membukanya, Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi tambahan yang bisa di unduh di Google Play. Beberapa aplikasi tersebut untuk memproteksi WhatsApp dengan menggunakan password atau pun sejenisnya. salah satunya bisa di coba dengan App Lock dan bahkan Anti virus semacam 360 Security pun sudah ada fasilitas ini. Baca Juga 4 Cara Promosi Jual Pulsa di WhatsApp yang Mudah dan Menyenangkan


3. Pindahkan chat history ke smartphone lain

WhatsApp versi terbaru telah menambahkan fitur pindahkan chat history. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mem-backup chat history WhatsApp, termasuk voice message, photo, dan video ke Google Drive. Namun bagi Anda yang belum mendapatkan update tersebut, melakukan backup mesti dilakukan dengan cara manual. Begini langkahnya.
  • Sebelumnya, pastikan smartphone Anda memiliki kartu memori microSD. Buka WhatsApp, masuk ke Settings>> Chats and calls>> Chats backup. Lakukan Backup dengan menekan tombol Back Up. Tunggu hingga selesai.
  • Setelah proses backup selesai, cabut kartu microSD dan pindahkan ke smartphone lain yang ingin Anda gunakan.
  • Unduh dan pasang WhatsApp dari Google Play. Saat dijalankan, otomatis WhatsApp akan mendeteksi file backup tersebut dan menanyakan pilihan untuk mengembalikan chat history.

4. Menampilkan notifikasi WhatsApp di komputer

Anda juga bisa menampilkan notifikasi dari WhatsApp ke dekstop komputer. Hal ini bisa sangat berguna bagi mereka yang selalu berkutat di depan layar komputer dan tak ingin melewatkan notifikasi yang masuk dari WhatsApp. Untuk itu, dibutuhkan ekstensi pada peramban Google Chrome. Berikut langkah-langkahnya:
  • Dari komputer, arahkan ke situs web.whatsapp.com.
  • Kembali buka WhatsApp, masuk ke menu>> WhatsApp Web.
  • Pindai kode QR yang tertera di situs tadi, jika berhasil, otomatis peramban akan menampilkan duplikat WhatsApp sehingga segala yang tampil di WhatsApp akan tampil pula di peramban tersebut, termasuk notifikasinya.

5. Kembalikan pesan yang terhapus

Secara default, WhatsApp akan melakukan backup secara otomatis setiap hari pada jam-jam tertentu. Dan jika pesan yang Anda ingin kembalikan itu telah dibackup secara otomatis, maka pesan yang telah tersimpan akan bisa dikembalikan lagi. Untuk mengembalikannya lakukan hal berikut:
  • Hapus WhatsApp, Settings>> Apps>> WhatsAppUninstall.
  • Pasang kembali WhatsApp dari Google Play, masukan data yang sama dengan WhatsApp sebelumnya.
  • WhatsApp baru ini akan mendeteksi Backup yang telah ada. Dan pilihan Restore untuk mengembalikannya. Setelah selesai, periksa apakah pesan yang terhapus tadi masih bisa terselamatkan. Jika tidak, maka pesan tersebut telah terhapus secara permanen.

6. Hentikan notifikasi tanpa meninggalkan grup

Mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Dalam satu grup cat yang bergabung didalamnya, grup tersebut selalu menampilkan notifikasi yang selalu muncul cukup mengganggu. Jika di rasa mengganggu, Anda bisa melakukan pengaturan dengan mematikannya tanpa harus meninggalkan grup tersebut. Caranya, masuk ke informasi grup dan aktifkan Mute. Pilih waktu yang diinginkan dan tekan Ok.


7. Pasang WhatsApp di tablet

WhatsApp khusus dihadirkan untuk smartphone dan bukannya tablet. Namun Anda bisa mengakalinya dengan memasang pada tablet meski tidak memiliki fungsi telepon atau slot kartu SIM. Begini langkahnya:

  • Melalui perambaan yang telah terpasang, masuk ke situs resmi www.apkmirror.com. Unduh file APK yang tersedia di sana.
  • Namun sebelumnya, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengaktifkan Unknown Sources dengan memberi tanda centang atau aktifkan. Pada Android 4.x, caranya masuk ke Settings>> Security>> Device Administration>> Unknown Sources.
  • Setelah itu, jalankan file APK tadi melalui File Manager atau sejenisnya, dan arahkan ke lokasi dimana file APK tadi berada.
  • Jalankan file APK tersebut dan lakukan instalaasi.
  • Lakukan registrasi menggunakan nomor telpon yang Anda miliki. Tunggu konfirmasi berupa SMS yang akan dikirim ke smartphone untuk selanjutnya Anda isi pada kolom konfirmasi pada tablet. Ikuti langkah-langkah selanjutnya. Jika berhasil, maka segala akun WhatsApp yang Anda miliki di smartphone akan berpindah ke tablet.

8. Mengirim pesan ke kumpulan orang-orang pilihan

Anda memiliki banyak teman yang sudah terkumpul di grup ataupun belum. Tetapi ingin mengirim pesan ke orang-orang tertentu yang berada di dua area tersebut. Bagaimana caranya? Dari WhatsApp masuk ke Menu>> New Broadcast. Pilih nama-nama yang terdaftar di kontak Anda. Tekan done dan tekan Create untuk membuat ‘grup baru’. Lalu Anda bisa mengirim pesan ke orang-orang tersebut.

0 Response to "Mengungkap Fitur-Fitur WhatsApp (WA) Yang Tersembunyi"

Post a Comment