Mengatasi Blog Yang Kena Google Sandbox Agar Kembali Terindeks Google - MORENA PULSA

Mengatasi Blog Yang Kena Google Sandbox Agar Kembali Terindeks Google

Mengatasi Blog Yang Kena Google Sandbox Agar Kembali Terindek Google : Mempunyai sebuah blog dengan pengunjung yang melimpah merupakan idaman para bloger bahkan dikalangan para webmaster sekalipun. Dengan trafict tinggi pengunjung yang melimpah otomatis peringkat web/blog kita semakin bagus dimata google selaku mesin pencari terbaik hingga saat ini, dan bila blog kita di optimalkan sebagai ladang duit maka sudah pasti akan pundi-pundi uang akan mengalir deras.

Mengatasi Blog Yang Kena Google Sandbox


Mengatasi Blog Yang Kena Google Sandbox

Pernahkah anda mengalami kejadian aneh ketika blog kita sedang ramai-ramainya dikunjungi tiba-tiba drop seketika alias tidak mendapatkan kunjungan seperti biasanya atau mendadak dangdut eh mendadak sepi maksudnya?, jika jawabannya iya, berarti blog anda terkena penalty atau biasa disebut google sandbox, yang lebih parah lagi jika blog kita sudah tidak bisa di cari di mesin pencari, misalnya dengan memasukan url blog kita di pencarian google dan hasilnya nihil, maka kemungkinan blog/web kita kena baned google .

Google sandbox boleh dibilang merupakan sebuah hukuman yang diberikan oleh google kepada domain kita jika kita melakukan pelanggaran yang masih bisa di tolelir, dengan minimal hukuman rata-rata 3 bulan (kejadian yang saya alami), Google menilai bahwa domain yang terdaftar terdapat perubahan yang signifikan yang di lakukan oleh si pemiliknya sehingga menjadikan domain itu memiliki peringkat yang tinggi secara drastis atau sangat cepat, hal ini google menganggap ada indikasi spam/ gejala yang tidak sewajarnya setelah dilakukan pengamatan dengan indikasi-indikasi tertentu bagaimana peringkat halaman web di indeks.

Ciri – Ciri Blog yang terkena Google Sandbox

Jika kita merasa blog kita mengalami penurunan yang signifikan, besar kemungkinan blog kita kena sandbox atau kena baned google. So.. jangan panik dulu,, kita periksa terlebih dahulu dengan cara-cara dibawah ini :

  • Ketikan nama domain anda di google search, misalnya “site:yudishare.com” jika ternyata nama blog anda masih terindek berarti blog anda hanya terkena sandbox, dan jika sebaliknya jika tidak terindek sama sekali itu artinya blog sobat kena banned.
  • Ketikan kata kunci salah satu artikel di blog anda yang biasa nangkring di halaman satu google search, jika hasilnya artikel anda terdampar jauh di urutan yang paling dasar atau mungkin ratusan bahkan ribuan halaman google search, maka besar kemungkinan bahwa artikel tersebut terkena sandbox.
  • Selain dengan kedua cara diatas, anda juga bisa menggunakan situs tool online seperti di http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.html .

Penyebab Blog Terkena Google Sanbox

Salah satu penyebab blog kita terkena sandbox yaitu bahwa kita telah melakukan kecurangan dan diketahui oleh robot miliknya si mbah google. Kecurangan yang kita lakukan sangatlah bervariasi caranya salah satu diantaranya :

Optimasi seo yang berlebihan

Optimasi memang penting, tapi jika itu dilakukan secara berlebihan maka akan berdampak negatif terhadap blog kita, optimasi ini bisa berupa optimasi seo on page maupun seo onpage, namun yang paling berpengaruh besar yaitu seo on page diantaranya dengan seringnya gonta ganti themes atau template.

Terlalu Banyak Kata Kunci

Kata kunci dalam sebuah blog mempunyai pengaruh besar dalam mesin pencari, namun jika kita menempatkan kata kunci yang berlebihan rasanya kurang baik juga, disusahan kata kunci maksimal 8 kata baik itu kata kunci home ataupun kata kunci artikel blog anda.

Mencari Backlink Secara Berlebihan

Berburu backlink secara berlebihan juga merupakan cara yang kurang baik walau tujuannya untuk menaikan kualitas blog kita. Apalagi jika blog anda masih usia dini dengan backlink yang begitu banyak, ibarat bayi yang baru lahir disuruh lari (gak nyambung yah hehe ). Diusahakan untuk blog baru janganlah terlalu over dalam mencari backlink kecuali blog anda sudah mempunyai umur lebih dari 2 tahun.

Terlalu Sering Ganti Template / Themes Blog

Keseringan melakukan pergantian template ini bisa jadi penyebab blog anda terkena Google Sandbox, dengan keseringan kita mengganti template maka otomatis struktur link yang ada di dalam template anda akan berubah dan otomatis google robot akan mendeteksinya. pergantian template blog sebenarnya di perbolehkan tapi saya menganjurkan untuk tidak sering melakukan pergantian template dalam waktu yang singkat misalnya dalam sebulan anda mengganti template sebanyak 2 kali dan itu akan berpengaruh besar terhadap trafic blog anda, bahkan bisa jadi blog anda dimasukkan kedalam penjaranya milik google (Google sandbox)

Konten Hasil Copy Paste 

Untuk urusan yang satu ini, tindakan copy paste hasil karya orang lain tidak dapat dibenarkan apapun alasannya meskipun meletakan link sumbernya, karena bisa jadi sang pemilik kontent aslinya merasa keberatan kemudian melaporkan konten yang di Copy Paste ke DMCA untuk ditindak lebih lanjut.

Cara mengatasi blog yang kena sandbox

Jika sudah jelas bahwa blog atau web kita terkena sanbox, maka kita diperlukan upaya untuk untuk mengatasinya atau mengembalikannya ke posisi semula agar blog kita bisa nangkring lagi di pencarian google, langkah-langkah yang bisa kita ambil diantaranya :

  1. Jika hanya sebagian artikel yang terkena pengaruh sandbox, hendaknya anda coba edit sedikit artikel nya, bisa dengan menambahkan beberapa paragraf dan publish ulang
  2. Submit ulang Sitemap ke webmaster, tentunya anda harus login terlebih dahulu ke akun google webmaster
  3. Submit ulang blog anda di search engine seperti google, yahoo, dll. Jangan lupa untuk melakukan ping website anda, untuk ping website anda bisa akses di http://pingomatic.com/ lalu isi sesuai blog anda.
  4. Buatlah artikel yang semenarik mungkin mengenai pengalaman anda terkena sandbox, sertakan pula backlink yang menuju google, yahoo, dan backlink yang menuju halaman home blog anda.
  5. setelah semua cara diatas dilakukan, Postinglah seperti biasa agar google tidak beranggapan bahwa blog anda dianggap mati atau ditinggalkan si pemiliknya

Selamat Mencoba Semoga berhasil

0 Response to "Mengatasi Blog Yang Kena Google Sandbox Agar Kembali Terindeks Google"

Post a Comment