Tips Meningkatkan Omset Usaha Jualan - MORENA PULSA

Tips Meningkatkan Omset Usaha Jualan

Tips menaikkan omset penjualan - di dalam dunia bisnis terdapat beberapa hal yang menjadi sebuah inti dari kegiatan berbisnis yang meliputi input atau pemasukan, proses, dan selanjutnya out put atau pengeluaran.

Input sendiri meliputi berbagai hal yang masuk dan bisa dijadikan modal dalam berbisnis, entah itu modal uang, ide yang kreatif serta bahan baku yang didapatkan. Sedangkan proses merupakan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan bisnis, baik itu proses produksi barang maupun jasa. Dan yang terakhir adalah out put, yang mana berfungsi sebagai pengeluaran dari keseluruhan proses produksi. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membarikan ulasan mengenai bentuk dari out put didalam dunia bisnis dan usaha, yakni sebuah omset penjualan.


cara meningkatkan omset bisnis


Tentu semua pelaku usaha menginginkan bisnis yang dikelolanya menjadi laris sehingga omset penjualannya pun meledak, yang imbasnya tentu keuntungan yang didapat akan jauh berlimpah ruah. Namun guna mewujudkan hal itu tidaklah semudah membalik telapak tangan, sebab anda bermain didunia bisnis ini tidak sendirian, banyak pesaing pesaing yang harus anda hadapi, keadaan pasar yang tidak menentu yang diakibatkan adanya tren pasar yang menyebabkan suatu produk baik barang maupun jasa bisa laku di pasaran.

Nah agar omset jualan dari usaha anda bisa meningkat bahkan berkali kali lipat, anda harus mampu melakukan analisa usaha sebelum memutuskan untuk terjun dan membuka usaha yang kalian inginkan. Dan dibawah ini adalah beberapa tips penting yang dapat meningkatkan omset bisnis yang bisa kalian pahami.


Tips Sukses Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis

1. Mencari Pelanggan Baru

Salah satu faktor yang menentukan sukses atau tidaknya anda dalam berbisnis adalah adanya pelanggan atau konsumen, semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk kita, maka omset penjualan pun akan terkerek naik. Nah maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menarik minat konsumen agar nantinya mau membeli produk yang kita tawarkan.

Banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk bisa mendapatkan para konsumen baru ini, mulai dari gencar melakukan promosi yang tepat sasaran alias tertarget baik secara offline maupun online. Banyak sekali cara cara yang dapat kalian lakukan untuk melakukan kegiatan promosi ini, salah satu promosi paling ampuh saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial facebook, instagram yang mampu menjangkau calon konsumen di seluruh kawasan indonesia bahkan global.


2. Mempertahankan Pelanggan Lama

Selain berfokus untuk terus menerus mencari para calon konsumen baru, kita juga tidak boleh melupakan para pelanggan lama kita dan hal seperti ini jamak sekali terjadi sehingga omset bisnis pun tak kunjung meledak, padahal pelanggan lama ini adalah aset terpenting keberlangsungan usaha kita. Ingatlah pepatah mempertahankan jauh lebih susah dibandingkan dengan mencari yang baru, hal ini memang benar adanya sehingga anda harus pintar dan jeli mengambil hati mereka.

Salah satu hal yang paling sederhana dalam mempertahankan kesetiaan dari para pelanggan lama ialah dengan selalu menjaga komunikasi yang baik, memberikan pelayanan yang istimewa dan jika perlu kita harus loyal terhadap pelanggan lama.


3. Berikan Pelayanan Prima

Omset dari bisnis kita akan meningkat dimana produk baik barang atau jasa yang kita tawarkan laris manis di pasaran, dengan larisnya produk milik kita tentunya pelanggan kita diluar sana juga sangat banyak, dan untuk menjaga agar pelanggan kita selalu loyal kepada kita, maka perlu memberikan pelayanan yang prima kepada mereka sehingga hukum timbal balik akan terjadi disini.

Dengan kita berjuang memberikan pelayanan semaksimal mungkin ini, para pelanggan pasti akan tahu seberapa besar pengorbanan kita sehingga kita pun akan memperoleh kesan yang positif dimata mereka. Dari kesetiaan dan loyalitas para konsumen, tentu secara tak langsung dapat menjadikan media promosi tanpa biaya alias gratis, dan tentunya juga tepat ke sasaran. Sebab promosi seperti ini ( dari mulut ke mulut ) akan lebih mengena dan tertarget. Coba bayangkan ketika anda ingin mengadakan pesta ulang tahun dan sedang kebingungan mencari EO mana yang terbaik, dan disaat itu anda memperoleh rekomendasi dari teman dekat mengenai EO yang anda butuhkan ? saya yakin anda akan langsung menghubungi EO yang bersangkutan dan menyewa mereka.


4. Produk Yang Kreatif


Di era saat ini memiliki produk yang biasa biasa saja tentu akan kalah dengan mereka yang memiliki produk tidak biasa yang mereka peroleh dari hasil kreatifitas yang mereka temukan. Sebab mayoritas konsumen sangat menyukai produk yang unik, berbeda dan memiliki nilai lebih dimata mereka. Cukup lakukan sedikit modifikasi pada produk lama dengan daya kreatifitas yang anda miliki, tentu akan menjadikan produk atau jasa yang kalian tawarkan diserbu oleh konsumen. Contoh mudahnya adalah sebuah produk bakso, bandingkan antara bakso yang biasa saja dengan bakso beranak yang saat ini populer di masyarakat, bahkan foto foto nya pun bertebaran di jejaring sosial. Keduanya sama sama bakso, namun bakso beranak yang merupakan hasil kreatifitas ini jauh lebih laku dan mendatangkan omset dibandingkan bakso yang biasa biasa saja.


5. Harga Yang Terjangkau

Dalam mendongkrak omset usaha atau bisnis yang selanjutnya adalah mengenai masalah harga yang ditawarkan. Berikan harga yang sesuai dengan produk yang kalian tawarkan sehingga para konsumen tidak ragu ragu untuk membelinya. Namun ada hal lain yang juga dapat menentukan harga jual, salah satunya adalah tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya, meskipun dibuat dari bahan yang murah jika proses produksinya sulit, anda tetap bisa memberikan harga yang lebih mahal asal produk tersebut sangat dibutuhkan oleh para konsumen.

Pandai pandailah dalam menetapkan harga jual suatu produk, sebab konsumen sangat suka sekali membeli produk yang harganya terjangkau / murah, namun kualitasnya tidak murahan termasuk saya pribadi pun menyukai produk yang seperti itu. Untuk menentukan harga jual sebaiknya lakukan sebuah survey kecil kecilan terhadap produk sejenis yang anda miliki dengan para kompetitor, jika sudah tahu harga pasarannya berapa, anda bisa menjualnya dengan harga sedikit lebih murah dibawah harga pasaran. Memberikan harga murah boleh tapi jangan terlalu kelewat murah, sebab hal ini dapat merusak pasaran dan tentu saja tidak bagus untuk kedepannya.

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian pahami tentang bagaimana cara menaikkan omset bisnis atau usaha yang saat ini anda kelola, semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu, Aamiin...

0 Response to "Tips Meningkatkan Omset Usaha Jualan"

Posting Komentar